Berita Entertaiment LifeStyle

Contoh Makalah Ilmiah Yang Baik dan Benar

Penjabaran - Contoh Makalah - Contoh Makalah Ilmiah Yang Baik dan Benar - Makalah ialah sebuah laporan yang ditulis dan dikerjakan untuk memberikan gambaran dari hasil penelitian yang sedang atau telah dikerjakan. Makalah biasanya ditulis oleh siswa atau mahasiswa yang bertujuan untuk menciptakan suatu karya ilmiah kedalam bentuk tulisan, akan tetapi makalah berbeda dengan proposal. Karena suatu proposal bertujuan untuk meminta izin atau pengajuan permintaan dana (sponsorship).


Untuk Anda yang masih awam dalam cara penulisan makalah yang baik dan benar, bisa mencari Contoh Makalah di media internet. Karena untuk menulis suatu makalah yang baik dan benar dibutuhkan sebuah acuan supaya membantu Anda menulis makalah dengan mempertimbangkan format yang baik dan benar. Walaupun telah bertebaran contoh makalah yang dapat ditemukan di media internet, jangan sampai Anda menulis makalah secara asal-asalan atau menggunakan informasi yang sekedarnya. Karena menulis makalah pun memerlukan format supaya makalah tersebut bisa lebih mudah untuk dikerjakan. Beberapa format makalah yang relevan bisa anda pelajari demi membantu pembuatan makalah Anda, dapat dilihat seperti pada contoh dibawah ini:


Contoh Makalah

Contoh format makalah yang benar

1.Pembuka/Pendahuluan
Bagian ini menunjukkan tentang tema / judul tulisan ilmiah berupa makalah, pengesahan makalah, pengantar yang menjelaskan secara singkat untuk apa makalah dibuat, apa saja content yang dimuat disetiap halamannya, serta ringkasan singkat tentang sesuatu yang dikaji. Berikut sub bab dalam bagian pembuka mengikuti format yang baik dan benar:
Halaman judul
Halaman pengesahan
Kata pengantar
Daftar isi
Ringkasan isi


2.Isi Makalah
Bagian isi makalah membahas tentang latar belakang penelitian dan pengerjaan makalah, masalah yang dikaji yang disusun secara sistematis, batasan materi dan penelitian, tujuan dan manfaat penelitian dan pembuatan makalah. Berikut sub bab dalam bagian ini makalah:
Pendahuluan
Latar belakang masalah
Rumusan masalah
Pembatasan masalah
Tujuan penelitian
Manfaat penelitian


3.Tinjauan Teori
Keberadaan bab tinjauan teori dalam suatu makalah bertujuan untuk menampilkan teori yang relevan dari sumber terpercaya yang dapat dijadikan landasan berpikir selama melakukan penelitian dan analisa. Berikut sub bab dalam bagian tinjauan teori:
Pembahasan teori
Kerangka pemikiran, dan argumentasi keilmuan
Pengajuan hipotesis


4.Metodologi Penelitian
Bagian ini menjelaskan tentang cara pelaksanaan dan urutannya secara sistematis. Dari bagian ini kita dapat menentukan seberapa lama penelitian yang dilakukan. Berikut sub bab dalam bagian metodologi penelitian:
Waktu dan tempat penelitian
Metode dan rancangan penelitian
Populasi dan sampel
Instrumen penelitian
Pengumpulan data dan analisis data


5. Penutup
Di bagian penutup terdapat kesimpulan dan saran, kita akan menyimpulkan hasil penelitian dan bahkan kalau memungkinkan juga disebutkan kendala-kendalanya. Saran disini dapat ditujukan pada calon pembaca atau orang yang berkaitan dengan bidang ilmu didalam makalah. Berikut sub bab dalam bagian penutup:
Kesimpulan
Saran


6. Daftar Pustaka
Pada bagian ini, penulis menyertakan daftar sumber referensi berupa nama pengarang, tahun terbit, judul, penerbit dan tempat diterbitkan. Bila ada dapat menyertakan dafta lampiran sekaligus. Berikut sub bab dalam bagian daftar pustaka:
Daftar pustaka
Daftar lampiran


Contoh Format Penulisan Makalah

Contoh format penulisan makalah tersebut diatas dapat Anda pelajari serta dapat membantu Anda dalam merancang makalah secara baik dan benar. Supaya lebih jelasnya, Anda dapat mencari lagi beberapa kumpulan contoh format makalah yang baik dan benar serta lengkap di internet maupun perpustakaan sebagai bahan referensi yang bagus untuk Anda. Semoga informasi tentang Contoh Makalah yang telah dijelaskan diatas dapat bermanfaat.

Demikianlah artikel yang bisa saya share mengenai Contoh Makalah Ilmiah Yang Baik dan Benar semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Makalah Ilmiah Yang Baik dan Benar

0 comments:

Post a Comment